Yang Lebih Manis dari Gula Merah

Bulukumba, yang saya tahu adalah ammatoa di kajang, perahu phinisi di tanaberu, tanjung bira bontobahari, kebun karet lonsum, dan musim buah-buahan bak kerikil di jalanan setiap bulan februari hingga april di sepanjang tanete. Sampai akhirnya saya temukan lagi satu potensi besar yang ada di kabupaten ini. iya, di sebuah kampung Herlang , merupakan penghasil nira kelapa terbesar (selain selayar dan jeneponto) yang merupakan bahan baku pembuatan gula merah di sulawesi selatan. Nira kelapa ini digunakan penduduk untuk membuat gula merah, berbeda dengan di kabupaten jeneponto yang biasanya memanfaatkan Nira ini sebagai minuman khas Ballo’.

Sabtu , 22 september 2014 lalu bisa jadi salah satu hari dimana aku bisa banyak mendapat ilmu baru. Gula Merah yang selama ini hanya bisa saya kenyot, akhirnya saya punya kesempatan untuk bisa melihat proses pembuatannya dari penyadapan nira kelapa (tuak) hingga proses pencetakannya.

Oh, saya lupa memperkenalkan junior di kampus , Jusman, begitu panggilan akrabnya mencoba memandu dan menjelaskan kepada saya dan teman yang lain (panggil saja dengan sebutan “kami”) tentang cara cara proses pembuatannya. Adapun penjelasan si jusman malah menambah kosakata baru dalam otak saya, seperti tuak, pippili’, mettepe, rakki’, dan manisang.

Awal dari pembuatan gula merah adalah proses penyadapan nira kelapa. nira kelapa yang disadap selama setengah hari ini dikumpulkan di sebuah jerigen yang diikat di batang pelepah niranya. 1 pohon kelapa yang disadap selama setengah hari kadang hanya menghasikan tidak lebih dari 1/4 isi jerigen. oh iya, oleh penduduk sini sari nira ini dinamakan dengan sebutan “tuak” karena memang nira ini biasa disajikan sebagai minuman ballo’.

Setelah sari nira (tuak) terkumpul, tiba saatnya untuk melakukan proses memasak yang prosesnya sekitar 4 jam. nah, tuak yang mendidih ini dinamakan sebagai “manisang”. kalau ingin meminum manisang ini, sebaiknya tunggu sampai dingin dulu, soalnya saya pernah coba versi yang mendidih dan rasanya benar-benar “melepuh”. pada saat melakukan proses memasak nira dan mulai muncul banyak busa, jangan lupa untuk menaburkan kelapa parut yang sudah disangrai ke dalam wajan agar buih nya tidak sampai tumpah (agar tidak mubassir).

Belum yakin apakah nira yang dimasak udah jadi gula atau belum ? ada yang namanya proses “mattepe” yaitu proses untuk menguji apakah gula merahnya sudah jadi atau belum. bila hasil nira yang dimasak sudah menjadi merah, coba lah untuk mengambil sedikit air yang ada di wajan, kemudian masukkan ke dalam air. Bila nira yang dimasukkan sudah mengeras, maka gula merahnya sudah jadi. 😀

Proses Mengaduk Gula Merah dan So'ri
Proses Mengaduk Gula Merah dan So’ri

Langkah berikutnya ada 2 pilihan, yaitu apakah kita ingin membuat so’ri, ataukah ingin lanjut ke proses pengadukan gula merah. so’ri sendiri adalah olahan gula merah yang dimasak tanpa proses pengadukan. jadi gula merah tadi langsung dikeringkan saja, dan sifatnya sangat lengket seperti karamel. penduduk setempat menilai itulah keunikan dari gula merah, bila di aduk gula merahnya mengeras, sedangkan kalau didiamkan maka gula merahnya bersifat lengket.

Proses Pencetakan Gula Merah
Proses Pencetakan Gula Merah

Oke, untuk opsi kedua, yaitu melanjutkan ke proses pencetakan, cukup aduk dulu gula merahnya tadi dan segera tuang ke bambu pencetak (kebetulan gula merah disini bentuknya silinder jadi pakai bambu). proses pengeringan gula merah hanya sekitar 5 menitan saja. sisa-sisa gula merah yang ada di wajan yang mulai mengeras disebut dengan “rakki” , teksturnya lembut dan berpasir. sedangkan sisa-sisa pada proses pencetakan yang “keluar jalur” dari pencetak disebut dengan pippili’, biasa dijadikan cemilan.

Jenis-jenis Olahan Gula Merah
Jenis-jenis Olahan Gula Merah

kalau merasa pusing dengan bacaan di atas, lihat aja deh video ini 😀

Setelah merasakan semua proses dan mencicipi bagian-bagian dari proses pembuatan, saya jadi sadar, ini lebih manis dari gula merah yang saya cicipi di kota sebelumnya.

ya, ketika saya bisa merasakan cara pembuatannya dari proses penyadapan nira kelapa hingga proses pencetakannya.
ya, ketika saya bisa merasakan manis dan harumnya nira kelapa yang mendidih.
ya, ketika saya bisa merasakan lengketnya karamel gula merah.
ya, ketika saya mengetahui istilah-istilah baru dalam proses pembuatannya seperti tua’, manisang, so’ri’, rakki’ maupun pippili’.
ya, ketika saya bersyukur bahwa ada dari mereka yang begitu tawakkal dalam mencari rejeki, mereka mengharapkan kelapanya tetap subur untuk bisa menghasilkan nira kelapa.

Mungkin sama seperti nikmatnya orang beribadah karena mengetahui dalil dari pada beribadah hanya sekedar mengikuti gerakan2 imam.
hmmm, mungkin yang terbaik adalah ketika kamu mengamalkan ilmu, bukan sekedar mengamalkan tanpa dasar ilmu.

 

About awalone

suka jalan-jalan, suka melakukan semuanya sendiri 🙂 .

Virus itu bernama hits from The 80s & 90s

anda berumur 22 tahun ke atas? rindu saat masa-masa ingusan ? ataukah ingin bernostalgia di masa-masa muda anda ? atau mungkin ingin sekedar flashback di tahun 80-90an ?

sebuah komunitas di facebook yang benar-benar lagi booming muncul di awal september. Yah, komunitas yang berhasil mengumpulkan para facebooker yang sudah berusia 20an tahun ke atas untuk mengingat kembali masa kanak-kanak mereka.

adalah Nicko Krisna , yang merupakan penggagas group hits from The 80s & 90s . entah apa yang mengilhami beliau, namun ide untuk membangun group tersebut termasuk salah satu ide brilian menurut saya.

mungkin kita tak perlu repot-repot lagi mencari dan menjelajahi google untuk sekedar melihat kehidupan-kehidupan di tahun 80-90an. mungkin kita tak perlu lagi membeli buku generasi90an untuk bisa tertawa ngakak dengan sesuatu yang lagi nge-trend di tahun 90an. atauakah tak perlu lagi repot lagi mencari hal-hal gokil di kejadian 20an tahun yang lalu di situs 1cak atau gambar2 meme yang lain. Karena di group ini, hampir setiap menit begitu update dengan gambar-gambar tempo dulu yang dijamin akan membuat mewek.

lho, kok judulnya “virus” ?

iya, coba saja gabung di group itu. kamu pasti akan ketularan virus-virus nostalgia jaman dulu. banyak waktumu yang akan habis melihat semua postingan-postingan yang tiap menit bakalan diupdate oleh member-member yang ada disitu. pokoknya, kamu agak sulit berhenti menjelajahi gambar-gambar yang dipublis disana. mulai dari gambar artis cilik, permainan tradisional yang sangat jarang terlihat di jaman sekarang, maupun semua kejadian-kejadian aneh yang pastinya akan membuat pembaca jadi gagal move on, nangis, maupun tertawa sendiri. bahkan bisa saja di group ini kita bisa menemukan kembali teman lama kita yang sudah lama tidak dijumpai.

Apa saja moment yang paling kamu ingat di tahun 90s ?

kebetulan saya lahirnya tahun 89, jadi hanya moment 90s yang sempat saya rasakan. ada beberapa kejadian yang masih teringat sama saya, seperti :

bulu ayam yang konon akan melahirkan bila diberi rautan pensil
bulu ayam

1. Bulu Ayam yang konon bakal melahirkan bila diberi hasil rautan pensil.

entah, apa yang langsung membuat saya percaya pada mitos ini. bagaimana tidak percaya, 1 kelas ataupun 1 pengajian dulu benar-benar heboh dibuat sama eksperimen ini. saya pun akhirnya terjerumus mempercayai perkataan teman. yah, iseng-iseng saya simpan juga bulu ayam (sebenarnya cuma bulu kemoceng) di dalam mushaf. saya check besoknya, eh ada perubahan ! ternyata bulunya rontok, dan saya menganggap ini sebagai kemajuan sains -_- (padahal cuma rontok biasa).

2. gambar uang koin pake alas uang koin 😀

gambar koin
gambar koin

kamu anak SD tahun 90an tapi gak pernah coba gambar uang koin pake alasnya ? berarti anda mungkin sekolahnya di apartemen. hehehehheh, ini mungkin salah satu karya terbaik yang bisa dibilang sangat mirip dengan aslinya.

hmm, kalo anak jaman sekarang, masih main gambar-gambar gini gak yah ?

3. ahhh udah itu ajah deh, soalnya sangat banyak bila harus digambarkan satu-persatu

Menurutmu 80s dan 90s itu seperti apa ?

– jaman dimana saya bisa tertawa lepas hanya dengan modal ban bekas yang dipukul-pukul
– pertama kali saya dikatain bego’ , bukan sama orang tua maupun teman sekolah, tapi karena gimbot (main tetris)
– jaman dimana saya bisa keliling kota dengan hanya berjalan kaki (jelajah mencari pohon kersen)
– ……. (sepertinya bisa jadi 1 buku kalo saya harus menuliskannya semua ) 🙂

generasi 80s dan 90s
generasi 80s dan 90s

hmmm, kalo kamu ? bagaimana suasana 80s dan 90s mu ?

share yah ? 😀

aku rindu masa-masa kecil, dimana ketika ku terjatuh, yang sakit cuma kakiku, bukan hatiku”

sumber gambar :

bulu ayam gambar koin

About awalone

suka jalan-jalan, suka melakukan semuanya sendiri 🙂 .

Berhenti Menebar “KODE”

karena mempublikasikan kisah-kisah yang mengandung Ibrah jauh lebih bermanfaat dari pada sekedar menebar “kode” buat calon pasangan yang belum tentu juga dia merasa kena dengan kode tersebut

.

Entah, kapan kebiasaan menebarkode” itu dimulai. sejujurnya, kumelakukannya benar-benar karena iseng saja. tidak ada keseriusan dalam melakukannya. karena yang kuyakini, cinta itu adalah diam, bukan untuk diumbar. Karena biasanya teman terhibur, ku jadi semakin larut untuk selalu menulis tentang kode tersebut.

untuk yang belum tau, kode yang kumaksud disini adalah sebuah “sinyal” yang tersirat untuk menyatakan kekaguman ke seseorang. Namun semakin sering kumenulis kode tersebut dan ku publish ke sosial media, rasanya saya seolah seperti lelaki “murahan” yang malah seperti ngemis. kesan tertutup sudah terasa luntur yang selama ini melekat di diri ini.

sempat beberapa hari yang lalu, ku melihat sebuah postingan teman Facebook, kira-kira tulisannya seperti ini “buatlah suatu tulisan yang bermanfaat, jangan cuma mengajar jumlah komentar dan like yang banyak”. hmmm, tiba-tiba jantung terasa down. sepertinya tulisan ini sangat menyinggung kebiasaanku. yang sebelumnya cuma berniat ingin lucu-lucuan tapi setelah sadar, ternyata memang tak ada manfaatnya sama sekali. yang sebelumnya aku berfikir aku orang yang lumayan punya selera humor karena bisa membuat temanku tertawa, namun sebenarnya mereka menertawakan kehidupanku. seolah ku sendiri yang menghancurkan nama baikku. seolah waktu kuhabiskan dengan sesuatu yang sia-sia. BODOH !!! 1 kata buatku yang benar-benar telah menyia-nyiakan waktu.

oke lah, kucoba memulai merubah kebiasaan itu. mencoba untuk membagikan kisah-kisah yang bermanfaat dan mengandung ibrah ketika membacanya. setidaknya ku mencoba untuk berdakwah dengan yang benar, bukan dengan menceritakan hal-hal yang malah menghancurkan namaku sendiri. BISMILLAH

About awalone

suka jalan-jalan, suka melakukan semuanya sendiri 🙂 .

Yang Mana Lebih Kamu Takutkan ?

Saat hafalan Qur’an tidak lebih berharga dari uang 50 ribu. Kita bis melihat bagaimana sedih dan gelisahnya pemuda yang kehilangan uang 50 ribu daripada hafalan Qur’an yg terlupakan atau hanya sdikit yg tersisa di hati.

Jadi ingat pagi kemarin, begitu pusingnya gak punya uang sampai-sampai harus banting tulang jungkir balik geledah semua yang ada di kolong meja, berharap dapat duit receh untuk menyambung hidup. padahal waktu itu, saya juga lagi telat-telatnya sholat subuh. iya, sholatnya jam 7 pagi, yah lagi khilaf akibat kebanyakan begadang jadi sulit bangunnya.

saya telat sholat subuh, seolah-olah gak ada rasa penyesalan sama sekali. eh, giliran gak punya uang, pusingnya setengah mati. why? kenapa kembali jadi munafik lagi? kenapa kehidupan dunia sudah menutup hatiku tentang kehidupan akhirat nanti ? rasa-rasanya memang tak adil. katanya dulu bilangnya, “urusan dunia dan akhirat itu harus seimbang” (walaupun sebenarnya, urusan akhirat adalah tujuan mutlak). namun, nyatanya jangankan mengedepankan urusan akhirat, saya malah lebih condong ke nikmatnya dunia. apa benar , hati dan imanku udah mati ? 🙁

mungkin karena kesibukan, sehingga agenda yang dulu dicanangkan “1 day 1 ayat” , bisa dikatakan gagal. sekarang cuma mentok di angka 48. padalah dulu mengikrarkannya sambil nangis-nangis. tapi ? yah, salah satu kelemahanku , sulitnya Istiqamah. kadang beramalnya meledak-ledak, namun lebih sering vakumnya. payah !!

hmm, mudah-mudahan hari berikutnya gak buruk-buruk amat seperti hari-hari yang lalu. aku islam, tak ingin jadi munafik. aku pun ingin ke syurga, ingin bertemu dengan sang “Ainul Mardiyah”. Insya ALLAH

About awalone

suka jalan-jalan, suka melakukan semuanya sendiri 🙂 .

Akhir bulan yang begitu kurang

Sabtu, 31 may 2014. mungkin inilah hari dimana saya udah kehabisan duit. niat ingin mengojek, ternyata bensin udah habis. gak tau , kerja apa lagi sehingga bisa dapatkan uang tambahan. segala cara dipake, mulai dari ngecek isi kantong celana, celengan, bahkan menengok di dalam kolong meja berharap ada uang receh yang berkilau saya dapatkan. ALHAMDULILLAH, dapat . 3 ribu, lumayan buat beli sayur.

padahal bulan-bulan sebelumnya, saya gak pernah merasa kekurangan seperti ini. kan nyantai, kalo habis uang, tinggak ke ATM , langsung beres. tapi tanda sadar, sifatku yang kayak kemarin-kemarin itu justru membuat saya manja. lama-lama gak sadar kalo uang di ATM tiba-tiba langsung habis. jadi solusi yang harus saya tempuh, ya itu ! gunting kartu ATM, dan nitipin buku tabungan ke ummi. biar beliau yang pegang, dan isinya tidak pernah diambil namun wajib untuk saya isi.

kalo awal bulan saya terima 700ribu dari tempat bekerja. 200 ribunya wajib dikeluarin (ditabung atau dizakatin aja), sisanya 500ribu untuk keperluan sebulan. kalau tahun pertama menjalani kehidupan di makassar (2007), dapat uang bulanan 300ribu aja udah bisa bertahan 40 hari. tapi sekarang ? sepertinya agak mustahil bisa bertahan lama. mana si mona (motor) udah lumayan boros. mana uang makan udah membengkak menjadi 15ribu perhari (maklum, porsi tukang), ditambah lagi dengan seringnya pergi jalan-jalan untuk sekedar refreshing. wahhhh, lumayan banyak juga. pengeluaran bulanan kayaknya gak sebanding dengan aktifitasku yang kebanyakan gak produktif. seharian kadang cuma bisa online gak jelas, gak ada manfaatnya, bahkan gak memberi ilmu sedikitpun. sepertinya memang harus merubah sikap dan pola pikir kalo saya ini udah besar, harus bersifat dewasa dikit lah, dan tidak sekedar ber”poya2″. hmmm, semoga hari ke depannya bisa berbuat sesuatu yang produktif walaupun sebenarnya agak sulit keluar dari zona nyaman ini.

About awalone

suka jalan-jalan, suka melakukan semuanya sendiri 🙂 .