Air Terjun Lacolla Maros

29 Maret 2015.

Hubungan antara air terjun dan kabupaten Maros. Pasti yang akan terlintas adalah air terjun bantimurung, salah satu wisata alam yang menjadi icon dari daerah Buttasalewangan ini. Namun pandangan itu sedikit agak bergeser ketika saya dan beberapa anggota dari komunitas Pajappa sedang melakukan Jappa Jappa ke salah satu air terjun mengagumkan lainnya.

Air terjun Lacolla, itulah yang dinamakan penduduk sekitar dusun Kajuara, desa cenrana, camba ini. Jarak tempuh dari makassar sekitar 70km. Dengan lintasan yang berkelok-kelok menuju camba disertai dengan medan bebatuan di setapak dusun menuju air terjun. Sebenarnya ada 2 jalur yang bisa dilalui untuk menuju ke air terjun ini. Jalur yang pertama adalah di desa pattiro deceng dengan penanda “Gerbang Emas” pusat penangkaran ratu lebah madu dan masuk sekitar 8 km ke tujuan. Sedangkan jalur alternatif adalah jalan masuk menuju ke desa cenrana dengan estimasi jarak ke tujuan sekitar 10km.

Air Terjun Lacolla

Air Terjun Lacolla

Tiba di tempat parkir, walaupun pada saat sampai disana kami tidak menemukan tempat parkir resmi. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dengan medan yang sangat terjal. Untuk melewatinya, Tim harus menggunakan “webbing” untuk bisa berpegangan.

Sampai di air terjun, langsung disuguhi dengan deretan 4 tingkat air terjun yang tinggi dan melebar. MASYA ALLAH ! Seperti biasa, tak henti-hentinya bibir bertakbir secara tak langsung ketika melihat keindahan dari air terjun ini. Mata benar-benar dimanjakan dengan kesegaran tempat ini. Sangat hijau, jernih, dan sepi. Deretan batu-batu yang membentuk air terjunnya seolah tersusun rapi.

Biasanya di tempat seperti ini, saya kadang lebih memilih menikmatinya dengan menyendiri. Mungkin berbeda dengan teman-teman yang lain yang langsung memasang tongsis yang mereka bawa masing-masing. Tak sedikit juga yang langsung memilih “nyebur” langsung ke kubangan air jernih dari air terjun ini.

Hmm, seperti ini ulasan singkat dari perjalanan saya ditemani dengan komunitas pajappa dalam jappa jappa ke air terjun lacolla. Setidaknya, Maros itu bukan hanya bantimurung saja, ada lacolla yang jauh lebih indah, sepi, dan gratis (tidak semahal bantimurung yang seharga 50ribu) *peace .

Syukran … Assalamu Alaykum

*Ayo Nikmati Indonesia !!

Air terjun Lacolla dan Tim Pajappa

Air terjun Lacolla dan Tim Pajappa

Profile photo of awalone

About awalone

Tholibul Ilmi, sang JOLANG (Jomblo Petualang), Suka Anak-anak (Bukan Phedo), Demen ama yang berhijab besar, Suka dengan Sunrise, Senja dan Awan, Paling geli kalo ada yang bilang gagah (karena sangat jarang), Pekerja Keras, Programmer System WannaBe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>