node js logo

Awal mendengar kata node js ini kira-kira 4 bulan yang lalu. entah apa yang membuat saya langsung tertarik begitu mendengar namanya, begitu melihat banyak projek-projeknya bertebaran di github. kenapa ada JS nya ? iya, karena memang berbasis javascript.

Apa yang membedakan dengan bahasa pemrograman web lainnya (PHP, JSP, ASP) ?
mungkin kita sudah sangat akrab dengan PHP. yah, saya juga termasuk orang yang bergantung penghasilannya melalui pemrograman PHP. ohh iya, kalo PHP itu dieksekusi di sisi server kemudian hasilnya ditampilkan di sisi klien. untuk menggunakan PHP, dibutuhkan bahasa pemrograman PHP (pastinya) dan juga sebuah web server seperti apache. biasanya cukup dengan menginsatall LAMP (Linux Apache MySQL PHP). sedangkan untuk Node.JS sendiri tidak memerlukan web server.

apa kelebihan Node.JS ini ?
1. Operasi Non-Blocking
arsitektur node yang dibangun dengan pendekatan non-blocking merupakan fitur utama dari framework nodejs. dengan pendekatan ini, ketika kita ingin mengakses database, membaca data pada file, atau mengirim data melalui socket, kita harus membuat fungsi callback. setelah melakukan eksekusi kode, Nodejs akan melakukan pekerjaan lain sampai data tersedia, baik pekerjaan itu sukses atau tidak, sehingga kita dapat mengontrolnya kembali.

2. penggunaan CPU yang lebih kecil
Nodejs sangat peduli terhadap kinerja CPU. pada operasi yang melibatkan banyak thread, server akan meningkatkan penggunaan CPU ketika melayani permintaan dari user. Pendekatan inilah yang menimbulkan penggunaan CPU yang tinggi. Nodejs menghindari permasalahan tersebut dengan single thread yang memanfaatkan event loop dan callback. Nodejs dapat melakukan skalabilitas dengan memangaatkan load balancer atau proxy server.

3. Konsumsi memori yang kecil.
hampir sebagian besar web server menghadapi masalah concurrent yang tinggi untuk menangani user secara bersama-sama. untuk penyelesaian masalah ini, umumnya web server menerapkan multiple thread sebagai solusi yang memungkinkan satu koneksi ditangani oleh satu server thread. kita sudah mengetahui bahwa penggunaan thread ini akan mengalokasi memory stack. semakin banyak thread yang berjalan, maka penggunaan konsumsi memori juga semakin meningkat. jika jumlah user meningkat, hal ini akan menjadi tidak bagus. Nodejs mempunyai cara berbeda dalam masalah ini. pendekatan yang dilakukan adalah event driven berbasis infinite event loop dalam satu thread. Dengan solusi ini, penggunaan memori akan berkurang.

Ada contoh penerapannya gak nih si node js ini ?

node.js ini sangat cocok diterapkan untuk aplikasi yang bersifat real-time dan ingin pengiriman datanya sangat cepat, contohnya seperti aplikasi chatting, notifikasi. bahkan aplikasi seperti soundcloud dibuat dengan teknologi nodeJS. jadi apa masih meragukan kehandalannya ? šŸ˜‰

hmm, untuk awal-awalnya cukup sampai disini saja, nanti akan dilanjutkan mengenai tahap instalasinya.

sumber informasi dan inspirasiĀ  :
Mojokertocyber.com
ngulikweb.com

Profile photo of awalone

About awalone

Tholibul Ilmi, sang JOLANG (Jomblo Petualang), Suka Anak-anak (Bukan Phedo), Demen ama yang berhijab besar, Suka dengan Sunrise, Senja dan Awan, Paling geli kalo ada yang bilang gagah (karena sangat jarang), Pekerja Keras, Programmer System WannaBe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>