website Node.JS

Oke, saya sudah tahu tentang teori-teori dari nodeJS (walau cuma dasarnya), nah terus bagaimana caranya saya langsung melakukan proses coding ?

iya, walau sudah mengetahui teori dasar dari nodeJS, hal wajib yang dilakukan berikutnya adalah, ya belajar. Belajar yang dimaksud disini tentu saja adalah melakukan pengkodean. namanya juga bahasa pemrograman, ya harus coding. sebelum melakukan proses coding , pastikan komputer sudah terinstal environment nodejs.

oke, terus instalasinya ? 

disini dicoba jelaskan proses instalasi nodeJS di sistem operasi linux distro ubuntu. oh, iya proses instalasi yand dijelaskan “mengharuskan” kita untuk terhubung ke jaringan. berhubung karena menggunakan linux, biasanya membutuhkan library-library khusus untuk melengkapi proses instalasinya. berikut step-stepnya.

sudo apt-get install g++ curl libssl-dev apache2-utils
sudo apt-get install git-core

lalu ambil source node di github (sebelumnya sudah instalasi git)

git clone git://github.com/ry/node.git

kemudian setelah selesai melakukan cloning, coba buka folder node

cd node
./configure
make
sudo make install

 

untuk versi windows 8.

Bagi anda pengguna windows khususnya windows 8, tahap instalasi node.js cenderung sangat mudah :) (yah, cuma modal klik-klik doang). awalnya, anda harus mendownload paket node.js di webnya.

website Node.JS

website node.JS

 

Selain dengan metode mendownload langsung di websitenya, kita juga bisa menggunakan cara lain untuk mendapatkan paketnya. yaitu dengan menggunakan chocolatey. fungsi dari chocolatey ini sama seperti fungsi apt-get di linux untuk mendapatkan paket-paket aplikasi. bisa dengan menggunakan kode berikut :

cinst nodejs
cinst nodejs.install

Untuk selengkapnya, bisa mengunjungi official dari chocolatey. :)

Setelah proses download selesai, tinggal install saja dengan mengklik double file setupnya. seperti kebanyakan file instalasi windows, cukup klik next -> next -> next -> finish. Nah untuk membuktikan apakah nodeJS sudah terinstall atau tidak di komputer, bisa melihatnya file command prompt dan mengetikkan

node -v

Perintah tersebut digunakan untuk mengetahui versi dari nodeJS. Bila versinya muncul, artinya nodeJS sudah terpasang, kalau tidak berarti nodeJS gagal terinstall di komputer. oke kita coba untuk say hello di nodeJS. buat sebuah file bernama hello.js

 

copy con hello.js
console.log('hello, nodeJS sudah terpasang');

setelah itu coba run skrip yang dibuat dengan menggunakan perintah node [namaFile]

hello NodeJS

hello NodeJS

nah, bagaimana, skrip yang dibuat tadi hanya sekedar menampilkan pesan “hello, nodeJS sudah terpasang”. memang masih yang dasar kok. untuk artikel berikutnya akan berlanjut ke penggunaan NPM (Node Package Manager). Wassalam :)

 

 

Profile photo of awalone

About awalone

Tholibul Ilmi, sang JOLANG (Jomblo Petualang), Suka Anak-anak (Bukan Phedo), Demen ama yang berhijab besar, Suka dengan Sunrise, Senja dan Awan, Paling geli kalo ada yang bilang gagah (karena sangat jarang), Pekerja Keras, Programmer System WannaBe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>