Socket Programming

Hampir 5 tahun saya sudah belajar tentang pemrograman, khususnya mungkin di pemrograman web. itupun masih dikerucutkan lagi di sebatas pemrograman database saja. hasilnya, saya taunya cuma bermain query di pemrograman. Terasa sangat sedikit hal yang saya tau, walaupun dengan modal pemrograman database, saya masih mendapatkan berbagai job untuk membuat sebuah sistem informasi berbasis database. mungkin karena rasa jenuh, saya coba mencari hal yang baru di dunia programming. sampai akhirnya saya menemukan sub baru bagi saya dalam programming. iya, socket programming (pemrograman socket).

Socket memungkinkan untuk masuk ke daam jaringan dan mampu berkomunikasi dengan aplikasi lainnya yang juga masuk ke dalam jaringan yang sama. informasi yang ditulis ke dalam socket pada suatu aplikasi pada suatu mesin dapat dibaca oleh aplikasi lain pada mesin yang berbeda dan sebaliknya. contohnya saja aplikasi-aplikasi jaman sekarang yang sudah multi-player, maupun game-game online lainnya. aplikasi tersebut menggunakan konsep socket untuk saling berhubungan.

Dalam socket, terdapat 2 macam yang biasa dipakai untuk membuat aplikasi jaringan, yaitu TCP socket dan UCP socket. pada socket yang menggunakan UDP, tidak memerlukan proses koneksi terlebih dahulu untuk mengirimkan data. paket data yang dikirimkan bisa saja melalui jalur yang berbeda-beda, sehingga hasil yang didapatkan bisa saja tidak berurutan, tidak lengkap atau sampai gagal. misalnya aplikasi socket yang bertugas untuk mengirimkan pesan berurutan 1, 2, dan 3, maka aplikasi socket penerima belum tentu mendapatkan pesan berurutan yang dimulai dari pesan 1, 2 dan 3. bisa saja yang diterima terlebih dahulu adalah pesan ke 2. atau bahkan pesan yang dikirimkan tidak sampai ke penerima karena gagal dalam pengiriman paket data.

Berbeda dengan UDP, TCP “mengharuskan” terjadinya koneksi terlebih dahulu, lalu mengirimkan paket-paket data secara berurutan sehingga penerima data juga dijamin akan menerima data secara berurut juga. dengan TCP, dapat mencegah data yang rusak maupun yang hilang.

Dari beberapa penjelasan tentang TCP dan UDP, bisa dilihat bahwa aplikasi socket yang menggunakan TCP memerulukan pertukaran data dua arah yang valid sehingga sangat cocok diterapkan pada aplikasi chatting, ataupun transfer file (FTP). sedangkan untuk aplikasi socket yang menggunakan UDP lebih memprioritaskan pada pengumpulan data, jadinya lebih cocok diterapkan untuk aplikasi game online, broadcast, maupun aplikasi monitoring jaringan.

Profile photo of awalone

About awalone

Tholibul Ilmi, sang JOLANG (Jomblo Petualang), Suka Anak-anak (Bukan Phedo), Demen ama yang berhijab besar, Suka dengan Sunrise, Senja dan Awan, Paling geli kalo ada yang bilang gagah (karena sangat jarang), Pekerja Keras, Programmer System WannaBe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>