Yang Mana Lebih Kamu Takutkan ?

Saat hafalan Qur’an tidak lebih berharga dari uang 50 ribu. Kita bis melihat bagaimana sedih dan gelisahnya pemuda yang kehilangan uang 50 ribu daripada hafalan Qur’an yg terlupakan atau hanya sdikit yg tersisa di hati.

Jadi ingat pagi kemarin, begitu pusingnya gak punya uang sampai-sampai harus banting tulang jungkir balik geledah semua yang ada di kolong meja, berharap dapat duit receh untuk menyambung hidup. padahal waktu itu, saya juga lagi telat-telatnya sholat subuh. iya, sholatnya jam 7 pagi, yah lagi khilaf akibat kebanyakan begadang jadi sulit bangunnya.

saya telat sholat subuh, seolah-olah gak ada rasa penyesalan sama sekali. eh, giliran gak punya uang, pusingnya setengah mati. why? kenapa kembali jadi munafik lagi? kenapa kehidupan dunia sudah menutup hatiku tentang kehidupan akhirat nanti ? rasa-rasanya memang tak adil. katanya dulu bilangnya, “urusan dunia dan akhirat itu harus seimbang” (walaupun sebenarnya, urusan akhirat adalah tujuan mutlak). namun, nyatanya jangankan mengedepankan urusan akhirat, saya malah lebih condong ke nikmatnya dunia. apa benar , hati dan imanku udah mati ? 🙁

mungkin karena kesibukan, sehingga agenda yang dulu dicanangkan “1 day 1 ayat” , bisa dikatakan gagal. sekarang cuma mentok di angka 48. padalah dulu mengikrarkannya sambil nangis-nangis. tapi ? yah, salah satu kelemahanku , sulitnya Istiqamah. kadang beramalnya meledak-ledak, namun lebih sering vakumnya. payah !!

hmm, mudah-mudahan hari berikutnya gak buruk-buruk amat seperti hari-hari yang lalu. aku islam, tak ingin jadi munafik. aku pun ingin ke syurga, ingin bertemu dengan sang “Ainul Mardiyah”. Insya ALLAH

About awalone

suka jalan-jalan, suka melakukan semuanya sendiri 🙂 .

Akhir bulan yang begitu kurang

Sabtu, 31 may 2014. mungkin inilah hari dimana saya udah kehabisan duit. niat ingin mengojek, ternyata bensin udah habis. gak tau , kerja apa lagi sehingga bisa dapatkan uang tambahan. segala cara dipake, mulai dari ngecek isi kantong celana, celengan, bahkan menengok di dalam kolong meja berharap ada uang receh yang berkilau saya dapatkan. ALHAMDULILLAH, dapat . 3 ribu, lumayan buat beli sayur.

padahal bulan-bulan sebelumnya, saya gak pernah merasa kekurangan seperti ini. kan nyantai, kalo habis uang, tinggak ke ATM , langsung beres. tapi tanda sadar, sifatku yang kayak kemarin-kemarin itu justru membuat saya manja. lama-lama gak sadar kalo uang di ATM tiba-tiba langsung habis. jadi solusi yang harus saya tempuh, ya itu ! gunting kartu ATM, dan nitipin buku tabungan ke ummi. biar beliau yang pegang, dan isinya tidak pernah diambil namun wajib untuk saya isi.

kalo awal bulan saya terima 700ribu dari tempat bekerja. 200 ribunya wajib dikeluarin (ditabung atau dizakatin aja), sisanya 500ribu untuk keperluan sebulan. kalau tahun pertama menjalani kehidupan di makassar (2007), dapat uang bulanan 300ribu aja udah bisa bertahan 40 hari. tapi sekarang ? sepertinya agak mustahil bisa bertahan lama. mana si mona (motor) udah lumayan boros. mana uang makan udah membengkak menjadi 15ribu perhari (maklum, porsi tukang), ditambah lagi dengan seringnya pergi jalan-jalan untuk sekedar refreshing. wahhhh, lumayan banyak juga. pengeluaran bulanan kayaknya gak sebanding dengan aktifitasku yang kebanyakan gak produktif. seharian kadang cuma bisa online gak jelas, gak ada manfaatnya, bahkan gak memberi ilmu sedikitpun. sepertinya memang harus merubah sikap dan pola pikir kalo saya ini udah besar, harus bersifat dewasa dikit lah, dan tidak sekedar ber”poya2″. hmmm, semoga hari ke depannya bisa berbuat sesuatu yang produktif walaupun sebenarnya agak sulit keluar dari zona nyaman ini.

About awalone

suka jalan-jalan, suka melakukan semuanya sendiri 🙂 .

Tentang Dia

sebut saja dia itu adalah “dia“.

dia memang gak cakep amat, malah kadang orang lain memandang rendah dia. mungkin karena penampilannya yang urak-urakan, mungkin karena dia sulit untuk tersenyum, ataukah mungkin dia malah keseringan bersepeda disaat yang lain mungkin asyik dengan motor dan mobilnya. tapi si dia asyik aja dengan kesehariannya.

dia tidak terlalu mempersoalkan dengan gaya hidup dan tanggapan orang lain tentang dirinya? kenapa ? katanya, dia cukup bersyukur dengan apa yang dia punya saat ini dan sama sekali tak peduli dengan kenikmatan hidup yang didapat orang lain. (yahh, mungkin dengan melihat kenikmatan hidup orang lain, bisa buat dia jadi komplikasi penyakit hati). 🙂

dia mungkin begitu bodoh. dengan berdalih ingin mendapatkan atau lebih dekat dengan temannya, dia selalu meng-iya-kan keinginan temannya tanpa peduli dengan kemampuan yang dia miliki saat itu, pokoknya dia terima saja. tapi aku yakin si dia saat itu juga sedang mencari sahabatnya lagi yang benar benar paham dengan keadaan dia.

dia mungkin sangat tidak berwibawa. bahkan sahabat kecilnya yang berumur nggak cukup 10 tahun pernah memukul dia. bahkan murid-muridnya pun tak jarang pernah memarahi dia. tapi ? yah, dia tertawa saja menanggapinya (mungkin karena dia jaim untuk marah). hahahahahahah. mungkin efek kedekatan mereka sehingga perbedaan umur tak pernah dilihat oleh adek kecil itu ataukah mungkin karena dia tak punya wibawa lagi?

dia mungkin sangat kejam. berniat untuk menggembirakan hati sahabat ataukah lingkungannya, kadang dia sering mengeluarkan lelucon aneh yang justru malah membuat sahabatnya merasakan perih. tapi aku tahu, niat dia memang hanya untuk membuat sahabatnya tertawa.

mungkin dia adalah insan yang beruntung.
jadi ingat kata temannya, “kamu tak perlu butuh banyak sahabat, setidaknya kamu cukup punya 1 yang benar-benar bisa memahami keadaanmu ^_^ (sambil pasang wajah senyum dihadapannya). tapi beruntung, dia punya banyak sahabat dan semuanya benar-benar memahami keadaan dia.  ketika dia lagi bokek, sahabatnya malah nawarin pekerjaan (projek) kepada dia untuk membantu dia. ohh iya, beruntungnya si dia itu karena dia juga punya banyak sahabat yang sering menegur kalo dia lagi “miring”. entah nasihatnya berupa caci, maki, sumpah serapah, hingga bentak-bentak yang gak enakin hati. setidaknya bikin dia berubah jadi lebih baik.

nanti lagi lah , lanjutnya ! mau istirahat dulu.

About awalone

suka jalan-jalan, suka melakukan semuanya sendiri 🙂 .